LKS Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

LKS Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan, IPS Kelas 8. Mengassah kemampuan menjadi cara terbaik kakak belajar. Berlatih menambah daya ingat dan pemahaman yang kompleks dari materi menjadi lebih terstruktur belajar materinya. Cara dan strategi yang tepat dan rutin kakak laksanakan memudahkan memahami materi pelajaran. Yuk berlatih kakak.

 


 

Berikut adalah Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Bab 2: Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan, IPS Kelas 8 Semester 1. LKS ini disusun agar siswa aktif mengamati, berpikir kritis, dan menumbuhkan kesadaran sosial serta nilai kebangsaan.

 

📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

IPS Kelas 8 – Semester 1

Bab 2: Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan

 

🧾 Identitas Siswa

  • Nama Siswa: ....................................................
  • Kelas: ..............................................................
  • Hari/Tanggal: ...................................................

 

🎯 Tujuan Pembelajaran

Setelah mengerjakan LKS ini, siswa diharapkan dapat:

  1. Menjelaskan bentuk-bentuk interaksi sosial dan pengaruhnya.
  2. Menganalisis dinamika kehidupan sosial dan kebangsaan.
  3. Menunjukkan sikap toleran dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

 

🧠 Bagian A – Pemahaman Konsep (Pilihan Ganda)

Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1. Proses meniru perilaku orang lain dalam interaksi sosial disebut...
A. Identifikasi
B. Imitasi

C. Sugesti
D. Simpati

2. Suatu proses penyatuan budaya tanpa menghilangkan budaya asli disebut...
A. Asimilasi
B. Integrasi
C. Akulturasi

D. Kontravensi

3. Berikut ini adalah bentuk interaksi sosial disosiatif, kecuali...
A. Persaingan
B. Akomodasi

C. Pertentangan
D. Kontravensi

4. Globalisasi membawa dampak negatif berupa...
A. Meningkatkan kerja sama
B. Lunturnya budaya lokal

C. Kemajuan teknologi
D. Kesejahteraan sosial

 

📝 Bagian B – Uraian Singkat

Jawablah dengan jelas dan lengkap!

1. Jelaskan dua contoh interaksi sosial dalam kehidupan sehari-hari di sekolah!
.........................................................................................................
.........................................................................................................

2. Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi dalam interaksi sosial?
.........................................................................................................
.........................................................................................................

3. Mengapa penting menjaga toleransi dalam masyarakat yang majemuk seperti Indonesia?
.........................................................................................................
.........................................................................................................

 

📊 Bagian C – Analisis Kasus

Petunjuk: Baca studi kasus berikut dan jawab pertanyaannya.

📌 Kasus:
Di sebuah desa, warga pendatang dari luar daerah mulai menetap dan membawa kebiasaan baru, seperti gaya berpakaian, makanan, dan bahasa. Sebagian warga lokal merasa terganggu dan mulai membatasi hubungan sosial dengan mereka.

Pertanyaan:

1. Apa bentuk interaksi sosial yang terjadi dalam kasus tersebut?
...........................................................................................

2. Bagaimana cara menyelesaikan potensi konflik sosial seperti itu?
...........................................................................................

3. Nilai-nilai apa yang perlu diterapkan agar integrasi sosial dapat terjadi?
...........................................................................................

 

✍️ Bagian D – Kegiatan Reflektif

Tugas Individu (Jawaban Bebas)
Tuliskan satu pengalaman kamu melakukan interaksi sosial yang berdampak positif terhadap kelompok atau lingkungan sekitarmu!

📝 Pengalaman saya adalah...
...........................................................................................
...........................................................................................
...........................................................................................

 

📌 Tugas Tambahan (Opsional untuk Kelompok)

Buatlah poster atau slogan digital/fisik bertema: "Jaga Toleransi, Eratkan Persatuan!"

  • Boleh dikerjakan kelompok 3–5 orang.
  • Gunakan gambar, warna, dan kata-kata yang kuat.
  • Kumpulkan dan presentasikan di depan kelas.

 

Penilaian

Aspek Penilaian

Skor Maksimal

Ketepatan Jawaban Konsep

40

Analisis dan Argumentasi

30

Kreativitas Tugas Akhir

20

Kerapian dan Partisipasi

10

Total

100

 

Selamat belajar mengerjakan soal soal latihan mata pelajaran favorit kakak. Mulai belajar sekarang ya kakak, kami siap membantu dan memberikan fasilatornya.

 

0 comments