LKS Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan
LKS Bab 2 Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan,
IPS Kelas 8. Mengassah kemampuan
menjadi cara terbaik kakak belajar. Berlatih menambah daya ingat dan pemahaman
yang kompleks dari materi menjadi lebih terstruktur belajar materinya. Cara dan
strategi yang tepat dan rutin kakak laksanakan memudahkan memahami materi
pelajaran. Yuk berlatih kakak.
Berikut
adalah Lembar Kerja Siswa (LKS)
untuk Bab 2: Pengaruh Interaksi Sosial
terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan, IPS Kelas 8 Semester 1. LKS ini disusun agar siswa aktif
mengamati, berpikir kritis, dan menumbuhkan kesadaran sosial serta nilai
kebangsaan.
📄 LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
IPS Kelas
8 – Semester 1
Bab 2:
Pengaruh Interaksi Sosial terhadap Kehidupan Sosial dan Kebangsaan
🧾
Identitas Siswa
- Nama Siswa:
....................................................
- Kelas:
..............................................................
- Hari/Tanggal:
...................................................
🎯 Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengerjakan LKS ini, siswa diharapkan dapat:
- Menjelaskan
bentuk-bentuk interaksi sosial dan pengaruhnya.
- Menganalisis
dinamika kehidupan sosial dan kebangsaan.
- Menunjukkan
sikap toleran dan nasionalisme dalam kehidupan sehari-hari.
🧠
Bagian A – Pemahaman Konsep (Pilihan Ganda)
Pilihlah
jawaban yang paling tepat!
1. Proses meniru perilaku orang lain
dalam interaksi sosial disebut...
A. Identifikasi
B. Imitasi ✅
C. Sugesti
D. Simpati
2. Suatu proses penyatuan budaya tanpa
menghilangkan budaya asli disebut...
A. Asimilasi
B. Integrasi
C. Akulturasi ✅
D. Kontravensi
3. Berikut ini adalah bentuk interaksi
sosial disosiatif, kecuali...
A. Persaingan
B. Akomodasi ✅
C. Pertentangan
D. Kontravensi
4. Globalisasi membawa dampak negatif
berupa...
A. Meningkatkan kerja sama
B. Lunturnya budaya lokal ✅
C. Kemajuan teknologi
D. Kesejahteraan sosial
📝 Bagian B
– Uraian Singkat
Jawablah
dengan jelas dan lengkap!
1. Jelaskan dua contoh interaksi
sosial dalam kehidupan sehari-hari di sekolah!
.........................................................................................................
.........................................................................................................
2. Apa perbedaan antara asimilasi dan akulturasi dalam interaksi sosial?
.........................................................................................................
.........................................................................................................
3. Mengapa penting menjaga toleransi
dalam masyarakat yang majemuk seperti Indonesia?
.........................................................................................................
.........................................................................................................
📊 Bagian C
– Analisis Kasus
Petunjuk: Baca studi kasus berikut dan jawab
pertanyaannya.
📌
Kasus:
Di sebuah desa, warga pendatang dari luar daerah mulai menetap dan membawa
kebiasaan baru, seperti gaya berpakaian, makanan, dan bahasa. Sebagian warga
lokal merasa terganggu dan mulai membatasi hubungan sosial dengan mereka.
Pertanyaan:
1. Apa bentuk interaksi sosial yang
terjadi dalam kasus tersebut?
...........................................................................................
2. Bagaimana cara menyelesaikan
potensi konflik sosial seperti itu?
...........................................................................................
3. Nilai-nilai apa yang perlu
diterapkan agar integrasi sosial dapat terjadi?
...........................................................................................
✍️ Bagian D
– Kegiatan Reflektif
Tugas Individu (Jawaban Bebas)
Tuliskan satu pengalaman kamu melakukan interaksi sosial yang berdampak positif
terhadap kelompok atau lingkungan sekitarmu!
📝
Pengalaman saya adalah...
...........................................................................................
...........................................................................................
...........................................................................................
📌 Tugas
Tambahan (Opsional untuk Kelompok)
Buatlah poster atau slogan digital/fisik bertema:
"Jaga Toleransi, Eratkan Persatuan!"
- Boleh
dikerjakan kelompok 3–5 orang.
- Gunakan
gambar, warna, dan kata-kata yang kuat.
- Kumpulkan
dan presentasikan di depan kelas.
✅ Penilaian
|
Aspek
Penilaian |
Skor
Maksimal |
|
Ketepatan Jawaban Konsep |
40 |
|
Analisis dan Argumentasi |
30 |
|
Kreativitas Tugas Akhir |
20 |
|
Kerapian dan Partisipasi |
10 |
|
Total |
100 |
Selamat belajar mengerjakan
soal soal latihan mata pelajaran favorit kakak. Mulai belajar sekarang ya
kakak, kami siap membantu dan memberikan fasilatornya.

0 comments